Jumat, 04 November 2016

Tiyanak

Posted by with 1 comment
Beberapa makhluk mitos memiliki asal mereka dalam tradisi dan cerita dari masa lalu. Namun, setiap budaya dikaitkan dengan banyak makhluk menarik dan aneh, banyak makhluk ini humanoids. Salah satunya humanoid legendaris adalah tiyanak tersebut.Tiyanak (Setan Anak) atau impakto adalah makhluk yang, dalam mitologi Filipina, meniru bentuk anak. Ini biasanya mengambil bentuk dari bayi yang baru lahir dan menangis seperti di hutan untuk menarik wisatawan waspada. Setelah itu dijemput oleh korban, itu akan beralih ke bentuk sejati dan menyerang korban. Selain korban pemotongan, tiyanak juga bersuka wisatawan terkemuka sesat atau penculikan anak. 

Beberapa mengatakan tiyanak adalah bayi yang meninggal sebelum menerima upacara baptisan. Setelah kematian, mereka pergi ke sebuah tempat yang dikenal sebagai Limbo, ruang Neraka di mana orang tewas dibaptis jatuh ke dalam dan berubah menjadi roh-roh jahat. hantu tersebut kembali ke dunia fana dalam bentuk goblin untuk makan korban hidup. tiyanak juga bisa menjadi keturunan antara setan dan manusia atau janin yang digugurkan, yang datang untuk hidup untuk membalas dendam pada ibunya.Ada beberapa versi dari deskripsi fisik Tiyanak dan aktivitas. makhluk mitos ini juga kadang-kadang berhubungan dengan makhluk folkloric Malaysia disebut Pontianak yang, menurut cerita rakyat Melayu, seorang wanita yang meninggal saat melahirkan atau melahirkan. 

Dalam cerita rakyat Melayu, biasanya mengumumkan kehadirannya melalui bayi menangis atau mengasumsikan bentuk seorang wanita cantik dan menakutkan atau membunuh mereka yang cukup beruntung untuk datang terlalu dekat. Ini menyamarkan dirinya sebagai seorang wanita muda yang cantik terutama untuk menarik korbannya (biasanya laki-laki). Keberadaannya kadang-kadang dapat dideteksi dengan aroma bunga yang bagus, diikuti oleh bau mengerikan sesudahnya.

Menurut cerita rakyat, seseorang dapat membingungkan makhluk itu dan membebaskan diri dari pesona teriakan dengan mengubah pakaiannya dalam ke luar. Legenda mengatakan bahwa Tiyanaks menemukan metode ini menggelikan dan hanya akan meninggalkan korban sendirian. Beberapa mengatakan bahwa repellents seperti bawang putih dan rosario juga dapat mendorong tiyanak pergi.Sebuah screencap dari video polisi Filipina yang konon menggambarkan seorang gadis muda yang dibantai oleh anggota keluarga yang diduga dia tiyanak a. Dikatakan bahwa gadis itu terpikat seorang anak yang lebih tua ke hutan dan membunuhnya. Saya tidak tahu validitas video tapi saya memutuskan untuk posting tetap

Di daerah pedesaan di Filipina kita sering mendengar tentang roh jahat, hantu, penyihir, dan jenis lain dari makhluk terlihat atau tidak terlihat. Keyakinan ini dipraktekkan oleh nenek moyang kita dan bahkan meningkat karena keyakinan bahwa diberitahu oleh penakluk yang menjajah negeri.Di Filipina mereka melakukan upacara dan persembahan dengan berlatih ritual untuk mengusir rakasa atau roh-roh jahat ini yang berdiam di rumah mereka atau di sekitarnya tempat mereka. Mereka telah melakukan ini selama bertahun-tahun dan terus lewat melalui setiap generasi.

Mereka kehilangan jiwa dan berkeliaran di bumi. Dikenal anak yang belum lahir atau meninggal sebelum mereka dibaptis.Membalas dendam untuk apa terjadi pada mereka, mereka bangkit dari makam dan perburuan mereka.Sesepuh percaya bahwa anak-anak yang belum lahir itu diambil oleh iblis dan dikirim kembali ke tanah manusia untuk menabur teror terutama bagi mereka yang bertanggung jawab atas kematian mereka.Tapi bagaimana rakasa kecil ini menangkap korban mereka?Mereka digunakan untuk meniru bayi yang menangis di hutan .. sampai Anda menemukan mana suara berasal. Meskipun sangat aneh untuk melihat bayi di hutan .. Terkadang orang di daerah pedesaan yang mengalami seperti situasi ini, tidak percaya bahwa bayi itu nyata. Mereka tahu bahwa itu adalah jenis umpan.


Tetapi beberapa orang yang terpikat oleh setan kecil ini, mereka akan mengambil bayi itu dan membawanya .. Kemudian nanti sebelum ia menyadari .. Dia sudah digigit bayi ditransformasikan ke rakasa,, dengan cakar yang tajam ... mata besar, menyusut kulit .. lama rakasa mencari. ia akan menjatuhkan Anda dan akan makan organ internal Anda,, menghisap darah Anda sampai dia mendapat semua cairan merah dari tubuh Anda.

Beberapa setan kecil di hutan akan mencoba untuk menipu Anda dan kehilangan Anda di hutan dan mereka menculik anak-anak juga.

Tetapi kenyataannya adalah mereka tidak benar-benar bayi, mereka adalah orang tua yang hanya berpura-pura hanya untuk mencari korban.

Kepercayaan ini dikenal di daerah terpencil hanya anda dapat menghindari mereka dengan mengenakan rosario dan bahkan bawang putih dapat mengusir mereka.


Penampilan dan karakteristik 
 Sementara berbagai legenda memiliki versi yang sedikit berbeda dari cerita rakyat tiyanak, cerita semua sepakat tentang kemampuannya untuk meniru bayi, dengan kemampuannya untuk meniru tangisan bayi untuk memikat korban. Dalam beberapa legenda, yang Tiyanak dapat mengambil bentuk anak tertentu.
  • Dalam satu versi, mempertahankan bentuk umum dari bayi tapi kemudian membentuk cakar tajam dan taring untuk menyerang korbannya. 
  • Di lain, itu saham kesamaan tertentu dengan kerdil dan sama terkait dengan bumi. Dalam versi ini, "benar" bentuk tiyanak adalah bahwa seorang pria agak tua dengan kulit keriput, jenggot panjang dan kumis, hidung datar dan mata ukuran koin peseta. Cerita yang sama mengatakan bahwa tiyanak adalah relatif bergerak karena kaki kanannya jauh lebih pendek dari yang lain. Pasukan deformitas ini untuk bergerak dengan melompat daripada berjalan, sehingga sulit untuk berburu atau tangkai korban, namun kemampuannya untuk meniru teriakan bayi mengkompensasi kerugian ini.
  • Dalam cerita lain itu terlihat supranatural terbang melalui hutan (masih dalam bentuk bayi) dan dalam legenda dari pulau Mindoro itu berubah menjadi seekor burung hitam sebelum terbang menjauh
  • Dalam versi lain dari Pampanga, tiyanak yang digambarkan sebagai kecil, kacang-coklat orang yang tidak hidup di tanah melainkan melayang di udara. Mereka memiliki hidung besar, mulut lebar, mata sengit besar dan suara yang tajam.
Cerita rakyat Filipina, tidak seperti mitologi Yunani atau Romawi, belum diatur dalam jajaran formal, umumnya tidak mengandung epos panjang, juga belum diturunkan ke sejarah. Sampai hari ini, mitos Filipina masih memiliki peran aktif dalam kehidupan Filipina pedesaan. Mitos-mitos yang tak terhitung jumlahnya beredar di seluruh pedesaan Filipina mengandung berbagai macam makhluk mitos. Meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk salah satu makhluk-makhluk ini, ada juga ada kekurangan di bagian pedesaan Filipina dari orang-orang yang percaya tegas dalam keberadaan mereka. Perbedaan ini kadang-kadang dirasionalisasi oleh penjelasan bahwa hanya murni dan baik manusia mampu melihat makhluk-makhluk ini.


SOURCE :
https://en.wikipedia.org/
http://www.mangkukulam.com/folklore/355/tiyanak
http://www.phantomsandmonsters.com/2010/07/legendary-humanoids-tiyanak-demon-child.html
 

1 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...